Selasa, 08 Desember 2015

// // Leave a Comment

F.E.A.R

Hari ini saya ingin share apa yang saya alami hari ini dan pelajaran apa yang terdapat di dalamnya. 
Hari ini saya mendapat pelajaran yang luar biasa tentang yang namanya FEAR atau Takut. Ketika saya mengalami kejadian ini, tiba-tiba saya diingatkan akan sebuah ayat Firman Tuhan yang berbunyi “Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta pada jalan hidupnya?”

Mungkin Anda bertanya, apa hubungannya takut dengan ayat tersebut? Ayat tersebut kan tentang kekhawatiran. 

Well, awalnya ketika ayat ini muncul dalam hati saya, saya juga bertanya hal yang sama. Apa hubungannya Tuhan? Ternyata khawatir sangat berkaitan erat dengan ketakutan. Khawatir adalah sumber atau akar utama dari ketakutan. Khawatir yang kita pelihara secara terus menerus, suatu saat akan berkembang menjadi sebuah ketakutan. 

Dan yang menarik adalah di dalam alkitab ada 365 kali kata “jangan takut” yang artinya bahwa sepertinya Tuhan sangat concern dengan agar kita jangan takut dan sepertinya ketakutan tersebut sangat berbahaya. 

Penelitian mengatakan bahwa ketakutan manusia yang terbesar pada umumnya adalah ketakutan mencoba hal-hal yang baru dan ketakutan akan perubahan. Mengapa? Karena ketika kita mencoba sesuatu yang baru, kita tidak pernah tahu rasanya seperti apa dan hasilnya akan seperti apa. Kita belum punya pengalamannya, kita belum pernah melihatnya dan kita tidak memiliki kepastian apapun tentang sesuatu yang baru.

Namun tahukah Anda bahwa terkadang mujizat dan terobosan tidak terjadi dalam hidup kita bukan karena Tuhan tidak sanggup untuk menolong, namun sering kali karena kekhawatiran kita yang akhirnya menjadi ketakutan kita untuk mencoba sesuatu hal yang baru. 

Ketika kita di hadapkan dengan sebuah kesempatan yang baru, orang yang baru, hal yang baru, kita memiliki banyak sekali keraguan dan kekhawatiran. Apakah ini akan berhasil, nanti reaksi orang bagaimana, apakah saya akan berhasil, bagimana kalau gagal, apakah saya mampu, bagaimana kalau saya tidak bisa dll. 

Terkadng banyak terobosan dalam hidup kita tidak terjadi karena kita tidak berani melangkah untuk mencoba sesuatu yang baru yang Tuhan sediakan dalam hidup kita. Kita melihat sesuatu yang baru tersebut sebagai sebuah ancaman, tantangan, penghambat, dll, namun ternyata Tuhan melihatnya sebagai pintu menuju berkat-berkat yang Tuhan sediakan untuk kita. 

Bukankah kita selalu berdoa dan mengaminin ayat yang berkata “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia” 

Bukan kah kita semua ingin mengalami ini? Nah guess what, apakah itu yg tidak pernah di lihat mata, tidak pernah di dengar telinga, tidak pernah timbul dalam hati? Bukankah ini berarti adalah sesuatu yang BARU? Sesuatu yang belum pernah kita lihat, belum pernah kita dengar, bahkan tidak terpikirkan. That’s really something NEW. 

Yang lucunya adalah, kita berdoa dan meminta Tuhan memberikan berkat yang  belum pernah kita lihat, belum pernah kita dengar, bahkan tidak terpikirkan, dan He gives us something NEW. New experience, new job, new opportunities, new ways, new partner, new friends dan banyak lainnya, kita malah khawatir dan takut dengan sesuatu yang Tuhan berikan. 

Kita malah sibuk mengkhawatirkan hal yang bahkan belum tentu terjadi. Kita malah sibuk mengkhawatirkan hal yang ternyata adalah berkat yang Tuhan sediakan untuk kita mengalami terobosan dalam hidup. Sungguh sebuah ironi. 

Tahukah Anda bahwa FEAR (Takut) merupakan singkatan dari False Evidence Appear Real (Bukti palsu yang terlihat nyata)? Belum lagi di coba, kita sudah memikirkan pasti tidak bisa, belum lagi di coba kita sudah berkata pasti gagal, belum lagi dijalani, sudah berkata tidak mungkin dan lain sebagainya. 

Ada berapa banyak orang yang stuck dalam usahanya hanya karena tidak berani mencoba cara dan strategi yang baru? Ada berapa banyak orang yang terjebak dalam kenangan masa lalu, hanya karena tidak berani membuka hati untuk orang baru? Ada berapa banyak orang yang tidak pernah move on hanya karena khawatir dan tidak memiliki keberanian bahwa hubungan yang baru akan menjadi hubungan yang lebih baik? Ada berapa banyak orang yang tidak mendapatkan pasangan hanya karena tidak berani mencoba cara pdkt yang baru? 

There are a lot of things that we missed jika kita tidak berani mencoba hal yang baru, yang kita tahu Tuhan sediakan untuk kita. Dia sendiri yang berkata bahwa kasihNya selalu BARU untuk kita setiap hari. So, why don’t we dare to try top get His blessing in a new way that He provides for us? 

Today, I encourage you, to try something new in your life. Berdoa Tuhan bukakan sesuatu yang baru dalam hidup mu yang akan membawa mu kepada terobosan demi terobosan dan meraih setiap janji-janji yang Tuhan sediakan. 

Salam hangat, 

Morris 'Strongeagle'

0 komentar:

Posting Komentar